Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Serta Sulit Ditebak

Password merupakan kata kunci untuk dapat masuk dan mengakses sebuah layanan. Kekuatan password ini menjadi salah satu penentu akun anda mudah dibobol atau tidak oleh para hacker atau peretas yang ingin berusaha mencuri data akun kita. Jika password kita lemah dan mudah ditebak, maka para hacker akan bisa dengan mudah membobol akun kita.
Membuat password yang kuat dan aman sangatlah diharuskan. Kita tidak boleh membuat password asal-asalan, misalnya dengan menggunakan kombinasi nama dan tanggal lahir.
Seperti yang dikutip dari rumpitekno, untuk membuat password yang kuat dan aman, berikut ini tipsnya:
  • Jangan membuat password yang berhubungan dengan diri anda, keluarga, tempat atau tanggal lahir, makanan favorit, binatang kesayangan atau lainnya. Kalaupun ingin, coba buat dengan gabungkan huruf besar-kecil, simbol, serta perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.
  • Buatlah passowrd dengan karakter yang panjang, misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).
  • Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja penggabungan “#$@!()&^TG!@”. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
  • Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.
  • Jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).
  • Jangan menyimpan password pada secarik kertas karena bisa saja setelah Anda ingat password-nya, Anda membuang kertas itu. Teknik seperti ini juga bisa dimanfaatkan, yaitu dengan mengorek sampah untuk mencari informasi yang bermanfaat.
  • Jangan pula menulis password anda di dalam sebuah teks yang disimpan di komputer atau perangkat gadget anda.
  • Hati-hati saat berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password.
  • Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer anda karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.
  • Gunakan sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.
Semoga bermanfat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Serta Sulit Ditebak"

Post a Comment

Trik Komputer Cool. Powered by Blogger.