Apa Itu Domain dan Hosting

Apa itu Domain dan Hosting? Sebetulnya nama Domain dan Hosting itu sangat familiar sekali di telinga kita. Namun banyak juga yang belum tahu pengertian Apa itu Domain dan Hosting?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server hosting pada jaringan internet. Domain ini untuk mempermudah penyebutan atau pemanggilan data/informasi pada sebuah server. Seperti kita ketahui, untuk mengakses ke lain komputer kita harus menggunakan IP Address. Nah domain ini merupakan alias untuk menggantikan rentetan IP Address tersebut.

TLD adalah nama belakang atau ekstensi dari domain. Contohnya adalah com org info net biz co.id dll.

Name Server(NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain domainku.com yang tersimpan di server. Untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data.

Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Selain DNS ada istilah Propagasi DNS yaitu proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.

Hosting adalah space (tempat) dalam server komputer yang di gunakan untuk menempatkan file-file blog kita yang ada. Apabila kita kaitkan domain dengan hosting maka, Domain adalah alamat yang di gunakan untuk menuju tempat penempatan data dan file tersebut.

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. Apakah Anda sedikit paham ?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Domain dan Hosting"

Post a Comment

Trik Komputer Cool. Powered by Blogger.